Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Dukung Pendidikan Luar Sekolah, Zubaidah: Lebih Lengkap, Ada Kursus Cepat Kaya

Filed in Berita PLS by on November 20, 2018 0 Comments • views: 98

MALANGTIMES – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang tidak hanya fokus menangani pendidikan formal di wilayah tersebut. Pendidikan nonformal (PNF) atau pendidikan luar sekolah (PLS) juga diharapkan dapat mengisi kebutuhan warga akan keterampilan-keterampilan khusus.




Kepala Disdik Kota Malang Dra Zubaidah MM mengungkapkan, ada beberapa sektor dalam PLS yang difasilitasi oleh disdik. Mulai dari lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), lembaga pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), lembaga taman baca masyarakat (TBM), hingga lembaga kursus.

“Pendidikan nonformal itu lengkap sekali, bahkan lebih lengkap. Meliputi orang masih hamil, itu sudah ada pembelajarannya. Sampai orang mau dimakamkan, ini ada semuanya di pendidikan luar sekolah,” ujar Zubaidah usai membuka kegiatan Gebyar Nasional PLS. Acara tersebut merupakan kerja sama disdik dengan Prodi PLS Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Zubaidah menyebut, segmentasi serta ragam pembelajaran yang diberikan. “Bahkan ada kursus cepat kaya. Mereka memberikan pola pembelajaran yang baik agar orang bisa sukses, bukan cari pesugihan lho,” ujarnya, lalu tersenyum. Dia menegaskan bahwa pendidikan nonformal juga relatif lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Meski demikian, perempuan yang akrab disapa Ida itu menekankan agar lembaga-lembaga PLS yang telah ada tidak hanya mengejar eksistensi. Tetapi juga wajib mengubah pola pikir, berinovasi, serta berkreasi agar tidak ditinggalkan. “Dinas Pendidikan Kota Malang senantiasa berkomitmen untuk mendukung kemajuan PLS,” tegasnya.

Dukungan itu berupa program-program pembinaan, sertifikasi hingga kebutuhan anggaran yang diakomodasi berdasarkan kebutuhan dan masukan dari penyelenggara PLS. “Pendidikan nonformal ini output-nya diharapkan bukan hanya cerdas secara emosional, intelektual, tetapi juga didukung keterampilan. Jadi, nanti bisa untuk bekerja maupun menciptakan lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (*)

 

sumber: https://www.malangtimes.com/baca/33024/20181109/135100/dukung-pendidikan-luar-sekolah-zubaidah-lebih-lengkap-ada-kursus-cepat-kaya/

Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *