Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Imadiklus Hadir di Makrab Jurusan PLS UNESA 2018

Filed in Kegiatan Kampus by on September 19, 2018 1 Comment • views: 400

Musim Mahasiswa baru sudah menjadi tradisi banyak kegiatan orientasi mulai dari tingkat Universitas, Fakultas hingga Jurusan. Terasa kurang lengkap kalau kegiatan ini tidak ada. Media orientasi kegiatan ini dibuat biasanya untuk memperkenalkan isi dari kampus itu. Berbagai konsep orientasi disiapkan guna menyambut mahasiswa baru.




Untuk kesekian kalinya imadiklus diundang di orientasi jurusan (Osjur) Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya (PLS UNESA). Tentu tidak hanya imadiklus yang diundang, ada mahasiswa PLS UM, alumni PLS UNESA, mahasiswa PLS UNESA (kakak tingkat). Kegiatan dilakukan bertempat di villa Thomas Dusun Jara’an Desa Trawas Mojokerto. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu tanggal 14-16 September 2018. Berdasar keterangan dari Ketua Hima PLS UNESA, kegiatan ini melibatkan panitia berjumlah 50-an orang dan diikuti kurang lebih 80 peserta Maba PLS UNESA. Panitia memberikan nama Laskar PLS 2018.

Imadiklus kali ini mendapat kesempatan seperti biasa, memperkenalkan organisasi imadiklus, menyampaikan susunan kepengurusan, hingga kegiatan dan capaian imadiklus. Selain itu, juga menyampaikan tentang media sosial dan website imadiklus. seperti yang sebelum-sebelumnya, selalu mengajak mahasiswa milenial untuk ikut andil mengelola media dan web imadiklus. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan tanya jawab. Beberapa pernyataan banyak muncul dari peserta salah satunya harapan penambahan fitur aplikasi imadiklus, menyemogakan imadiklus bermanfaat untuk PLS, dll.

Acara pun berlanjut pada malam harinya. Menurut admin ini bagian yang paling seru dalam osjur PLS UNESA 2018, mulai dari alumni, mahasiswa tingkat akhir diundang untuk diajak sarasehan. Mahasiswa menikmati sharing dari alumni di tengah lapangan dengan kobaran api unggun. Sangking asiknya acara ini peserta tidak menghiraukan angin kencang yang menusuk tulang. Maklum, malam itu udara trawas lumayan dingin. Para peserta berjajar rapi mengelilingi api unggun untuk menyimak cerita dari para seniornnya.

Apa saja isi sarasehannya? banyak. Kegiatan sarasehan diawali dengan perkenalan masing-masing mahasiswa tingkat akhir dan ditutup dengan perkenalan alumni. Dilanjutkan dengan sharing tentang pengalaman organisasi selama di PLS dan pengalaman setelah lulus (alumni). Ada yang menceritakan jabatan di kemahasiswaan, menceritakan pekerjaan alumni setelah lulus PLS. Nah yang menarik, hadir alumni paling tua dalam kegiatan itu, dia adalah Agung dan Zaki akrab di sapa Jack. Salah satu alumni PLS UNESA sekaligus loyalis imadiklus yang ikut sarasehan menyampaikan pesan, “mahasiwa baru PLS nanti jangan hanya jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) harus aktif berorganisasi dan berjejaring. Ini demi peluang kalian setelah lulus, gabung dengan imadiklus”. Motivasi serupa juga disampaikan Zaki (dengan gaya nyentriknya) bahwa “perlu mengembangkan passion yang dimiliki selama kuliah, karena setelah lulus tidak hanya ijazah saja tapi juga keahlian khusus untuk menghadapi dunia kerja”.

Pertemuan Maba dan Alumni dalam kemasan sharing membuat inovasi baru di acara ospek jurusan/makrab. Mungkin momen seperti ini bisa jadi tidak ditemui di kegiatan akademik yang super padat dengan mata kuliah. Sharing informasi begitu dapat dirasakan dan riil karena melihat narasumber secara langsung. Hal yang menjadi angan-angan dan pikiran semu maba bisa langsung ditanyakan pada alumni yang hadir langsung. memberikan sharing pengalaman tentang tantangan dan peluang pasca lulus PLS/PNF/PENMAS. Berbagi tips saat menempuh kuliah hingga bisa sukses. Bagaimana dengan ospek PLS di tempat kalian?.

Cekat dan terampilnya panitia di Osjur PLS UNESA 2018 atau Laskar PLS 2018 menjadikan acara ini berjalan lancar. Terlihat dari keceriaan peserta dan kemeriahan diakhir kegiatan yang ditutup dengan pentas seni malam itu. Pentas seni Menampilkan kreatifitas masing-masing kelompok yang sudah dibentuk secara apik. Terakhir, terimakasih atas jamuan yang luar biasa untuk semua panitia yang terlibat dari unsur Hima dan BPH imadiklus Unesa. Semoga silahturahmi PLS tetap terjaga.

 

Foto Kegiatan

Tags: , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *