Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Inovasikan Goa Kebun sebagai Goa Pendidikan dengan Gubuk Belajar Masyarakat

Filed in Berita PLS, Berita Utama by on Juli 4, 2018 0 Comments • views: 66

Goa Kebun merupakan salah satu wisata baru yang ada di Kulon Progo, tepatnya di wilayah Krembangan VII, Panjatan Kulon Progo. Goa Kebun, disebut Goa kebun karena memang letak goa tersebut berada di dalam kebun. Awal mulanya Goa ini hanyalah sebuah Goa tersembunyi di dalam kebon yang masih gelap gulita, sampai pada akhirnya ada masyarakat yang mencetuskan untuk menjadikan Goa Kebun sebagai Tempat wisata. Tepat pada tanggal 8 Agustus 2015 oleh pemerintah Kulon Progo Goa tersebut resmi menjadi wisata pendidikan. Bukan hanya tempat wisata namun sebagai wisata pendidikan.




Gambar 1: Goa Kebun

Pada awal Goa kebun dijadikan tempat wisata memang belum banyak pengunjung yang datang, namun seiring berjalannya waktu semakin banyak pengunjung yang menikmati indahnya alam di Goa kebun. Namun sayangnya, harapan pemerintah untuk menjadikan Goa Kebun sebagai tempat wisata Edukasi belum terlaksana dengan maksimal.

Berdasarkan permasalahan tersebut Tim PKM Pengabdian Masyarakat dengan judul Pemberdayaan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Dalam Upaya Pengembangan GO PEN (Goa Pendidikan) Di Goa Kebon Krembangan, Panjatan, Kulon Progo yang berangotakan Rini Yuliana, Sulis Setyani dan Rina Yulianti Prodi Pendidikan Luar sekolah beserta Helmi Denada prodi Teknologi Pendidikan dan Ainun Rubi prodi Biolog. Tim PKM bersama dengan masyarakat khususnya POKDARWIS Taman Tirta Wiyata berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan wisata Goa Kebun sebagai wisata Pendidikan untuk khalayak umum, hal ini bertujuan agar pengunjung yang datang tidak hanya merasakan kesejukan suasana di Goa Kebun tetapi juga dapat menikmati spot-spot pendidikan yang inovatif.

gambar 2 : Kerja bakti

Salah satu langkah yang telah dilakukan untuk mewujudkan wisata pendidikan adalah dengan di buatnya Gubuk Belajar Masyarakat. Gubuk Belajar Masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi para pengunjung yang ingin menikmati indahnya alam goa kebun sembari beredukasi. Pembuatan Gubuk belajar ini di mulai pada tanggal 20 Mei 2018 yang diawali dengan keja bakti bersama, kemudian di lanjutkan pada tanggal 27 Juni 2018. Setelah itu di lakukan setiap hari Sabtu dan Minggu yaitu tanggal 2,3, 9, 10 Juni dan dilanjutkan sampai sekarang. Antusias masyarakat dalam membuat Gubuk belajar masyarakat sangat baik, karena dengan adanya gubuk belajar masyarakat, masyarakat maupun pengunjung dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk belajar.

 

Oleh:
Amru Fernandes
email: amrufernandes@gmail.com
PLS/PNF UNY

Tags: , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *