Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Karena IMADIKLUS Pula Aku Jadi Amat Mencintai Jurusanku (part 2)

Filed in Berita Utama, Curhat by on Juli 27, 2018 0 Comments • views: 22
Halloooooooo,,
Assalamualaikum teman-teman,, kulanjutkan ceritaku yaaa!! Terimakasih sudah membaca, bagi yang belum membaca cerita yang Part 1 (Jujur Aku Tidak Tau Apa itu Pendidikan Luar Sekolah), saya sarankan kalian membaca supaya kalian tidak salah paham. Hee
Baik, berbekal ketidaktahuanku tentang jurusan pendidikan luar sekolah ini aku tetap harus menyelesaikan apa yang pernah kumulai. Yaa,, prinsipku adalah selesaikan apa yang pernah kamu mulai! (padahal ga ditanya ya. Hahahah) aku kuliah seperti mahasiswa pada umumnya, mengerjakan tugas, melakukan observasi, presentasi, juga ujian. Aku melewati semuanya itu, namun selama perjalananku kuliah hampir 4 tahun aku banyak sekali menemukan passionku. Passion yang dulu pernah guru SMA ku bilang padaku saat pemilihan jurusan. Aku bersyukur menjadi bagian dari mahasiswa pendidikan luar sekolah dan aku juga amat bersyukur menjadi bagian dari pendidikan luar sekolah universitas negeri Yogyakarta.
Kuliahku di PLS UNY sangat menyenangkan (menurutku), ketika kuliah aku merasa aku tidak sedang kuliah. Hehe karena sebagian besar mata kuliahnya itu memang tidak terlalu “sepaneng”, kuliahku tidak selalu didalam kelas, kadang kuliah ditaman, kadang kuliah di parkiran juga, bukan karena tidak punya kelas hloo ya tapi karena kita bosan dengan suasana kubus dengan meja dan papan tulis.. Hahaha selain itu, sering ada tugas lapangan untuk observasi, kalian juga pasti merasakan dan akan merasakan. Aku pernah observasi ke tempat wisata seperti museum, Tamansari Yogyakarta, Goa Pindul, desa-desa wisata di jogja dan berbagai tempat wisata pernah hampir kita observasi. Jadi sering jalan-jalan dengan embel-embel “Tugas Kuliah”. Aku juga pernah diminta observasi ke pasar tradisional kemudian bercengkerama dengan para penghuni pasar. Ah itu menyenangkan sekali, cobalah! Selain itu juga aku pernah observasi ke lembaga-lembaga nonformal baik yang ada di DIY itu sendiri maupun luar kota. Saat itu aku dan teman-teman sempat mengumpat karena lelah, tapi sekarang aku merindukanya.
Sebagai mahasiswa juga aku pernah mengalami lembur mengerjakan tugas, iyaa walaupun aku mahasiswa PLS tapi aku tetap mahasiswa seperti mahasiswa jurusan lain ahahahah. Dikejar dateline, di PHP dosen, bahkan PHP in dosen. Sebagai mahasiswa menjadi aktif di organisasi itu perlu (menurutku) karena dari organisasi yang pernah saya ikuti saya menjadi tau banyak hal yang awalnya aku sama sekali tidak pernah membayangkan. Dulu, aku adalah salah satu mahasiswa yang aktif di himpunan jurusan, dari organisasi tersebut aku diajarkan banyak hal seperti bagaimana hidup dengan masyarakat, bagaimana aku harus merasakan hidup super sederhana, bagaimana hidup bersosialisasi dan bahkan bagaimana aku harus berbicara dengan masyarakat. Karena memang sebagian besar kegiatan himpunan jurusan pls uny adalah pengabdian masyarakat.
Selain itu, semenjak menjadi mahasiswa PLS aku juga  menjadi tahu bagaimana kehidupan anak anak jalanan, bagaimana kehidupan pengamen dan bahkan bagaimana kehidupan narapidana. Eeeeits tapi jangan salah, PLS tidak hanya mengajariku tentang bagaimana cara bersosialisasi dengan pengamen, anak jalanan dan masyarakat desa saja, PLS mengajariku tentang bagaimana cara bersosialisasi dengan manusia manusia elit dan kehidupan masyarakat tingkat atas. Ah, senang sekali!
Apalagi yaa yang ingin ku ceritakan.. Oh iyaaaa, kumau cerita lagi, karena PLS aku jadi tau imadiklus, karena imadiklus aku jadi tau kalian, karena imadiklus aku selalu tenang ketika aku akan pergi jauh, karena imadiklus pula aku jadi amat mencintai jurusanku. Sekali lagi, aku katakan bahwa aku mencintai jurusanku, aku senang dan bersyukur menjadi bagian dari PLS dan Imadiklus. Pesanku untuk adik-adik, ketika kalian kuliah nanti carilah ilmu sebanyak mungkin, semaksimal mungkin, kuliah tidak harus selalu didalam kelas bersama dosen dan layar ppt, di masyarakat juga kuliah. Tapi bukan berarti kuliah dengan dosen didalam kelas itu tidak penting hlo ya, kuliah didalam kelas bersama dosen kesayangan juga merupakan moment pas buat kalian klarifikasi antara realita dan teori. Hehe
Mungkin udah kali yaaa,, hehe udah panjang. Selamat dan semangat kuliah buat kalian teman teman semua, lakukan semuanya dengan baik, nikmati semua prosesnya, jangan pernah nyesel udah masuk PLS. Karena ketika saat ini kalian merasa menyesal masuk PLS maka suatu saat nanti kalian akan merasa menyesal karena pernah merasa menyesal! Kemudian teruntuk kalian yang sedang berjuang untuk lulus, semangaaat juga yaa. Selesaikan apa yang sudah kita mulai! Kemudian teruntuk para alumni, mohon bimbingan dan arahanya untuk kami adik-adik kalian.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum warrahmatullohi wabarrokatuh.
Musfiroh Amroaini
PLS UNY
mail: musfirohamro@gmail.com

Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018

Seluruh akomodasi peserta selama kegiatan pelatihan GRATIS*
KLIK DISINI BACA SELANGKAPNYA
close-link
DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018
KLIK DAFTAR
close-image

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL
Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Web Imadiklus, akan di selenggarakan pada: