Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

KULIAH PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH OPTIMISKAN PASSION MU!

Filed in Berita Utama, Kenal Lebih Dekat by on Agustus 19, 2018 0 Comments • views: 75

Malam itu, tepat pada hari sabtu 18 Agustus 2018 di Kota Malang mimin bertemu alumni Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang (PLS UNNES) angkatan 2010, sekarang lebih sering dikenal dengan sebutan Pendidikan Non Formal (PNF). Dia adalah Yoga Tri Waluyo atau biasa akrab dipanggil Yoga. Pernah menjadi Ketua Pelaksana kongres imadiklus 2011 di UNNES. Terakhir kami bertemu pada 7 tahun lalu pasca kongres 3 imadiklus di UNNES 2011.




Kebetulan pada hari ini Yoga sedang mengisi kegiatan stand up komedi di salah satu cafe di Malang. Bertemu di warung pujasera depan stasiun Kota Baru Malang. Cerita ngalor-ngidol soal kesibukan yang sedang dilakukan alumni UNNES 2010 berasal dari Banjarnegara, sambil ditemani secangkir susu jahe dan secangkir kopi. Kondisi suhu udara malam di Kota Malang sekitar 19 derajat, lumayan dingin dari biasanya.

Pasca lulus dari PLS UNNES Yoga mengabdikan diri mengajar PAUD di daerah Salatiga Semarang. Mengajar sambil menekuni passion standup comedy. Sampai pada akhirnya Yoga mencoba mengikuti audisi Stand Up Comedy Academy 3 (SUCA 3) Indosiar 2017 dan memutuskan untuk berhenti dari profesi mengajar PAUD agar bisa fokus. Usahanya membuahkan hasil dan dapat masuk 10 besar SUCA Indosiar. Kini jebolan audisi SUCA Indosiar itu sukses, job manggung sampai dengan luar jawa sudah dilakoni.

Yoga menyampaikan masih sering diundang dan hadir dalam kegiatan di PLS UNNES biasanya hadir dalam acara malam keakraban (makrab), upgrading hima PLS UNNES, bahkan kegiatan Raker di PLS UNNES. Biasanya ketika diundang diminta untuk menyampaikan motivasi PLS kepada mahasiswa. Ketika berkumpul dengan mahasiswa PLS UNNES, Yoga mencoba berbagi inspirasi bahwa “PLS ora mung iku thok” (PLS tidak itu saja), serta menyampaikan “Kuliah lanjut, tapi passionmu jangan sampai hilang”. Selain itu Yoga menyampaikan, Setiap tahun eranya pasti berubah, kalau PLS hanya dibekali tentang PKBM, PAUD maka selamanya akan begitu terus, padahal jaman terus berubah dan ada profesi baru maka harus dikasih tahu kepada mahasiswa dengan membawa alumni yang sudah mengalami atau sukses. Masih kata Yoga,  Aku dulu waktu kuliah juga tidak bercita-cita menjadi standup comedy. Mahasiswa juga bisa menjadi pengembang startup kalau memang dia basicnya komputer pasti bisa sukses.

Lebih lanjut, yoga menyampaikan, PLS itu hanya media saja yang terpenting passionmu apa jadi tinggal jalani saja tidak selalu kamu harus melakukan apa yang ada di kuliahmu itu. Menghadirkan alumni yang sukses dengan berbagai profesi juga menjadi salah satu cara untuk membuka wawasan mahasiswa PLS.

Tidak terasa waktu sudah tengah malam, Yoga memutuskan untuk kembali ke penginapan. Ini sedikit percakapan singkat kami ketika bertemu di Kota Malang yang mimin rangkum. semoga menginspirasi.

Baca juga  Yoga Tri Waluyo Stand Up Comedy Academy 3 ALUMNI PLS UNNES

 

Video Pesan Yoga:

Foto:

Yoga Tri Waluyo

Tags: , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *