Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Mahasiswa PLS Antusias Ikuti Imadiklus Training part 2 UNTIRTA

Filed in Berita PLS, Kegiatan Kampus by on November 12, 2018 0 Comments • views: 55

Badan Pengurus Harian Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Se-Indonesia (BPH Imadiklus) Untirta mengadakan Imadiklus Training 1 (IT) part 2 yang dilaksanakan di Yayasan Insan Rabbani, Kasemen, kota Serang.




Pelaksanaan IT 1 ini diadakan dua kali dalam tiga periode berturut-turut, hal ini didasari karena tingginya minat dari para calon peserta yang bukan hanya berasal dari mahasiswa baru saja tetapi juga dari mahasiwa semester 3 bahkan semester 5.

Didalam IT 1 part 2 yang dilaksanakan pada 10-11 november 2018, peserta diberikan pemahaman-pemahaman tentang ke PLS-an, kepemimpinan, manajemen organisasi, sejarah Imadiklus, serta konstitusi Imadiklus.

Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan  IT 1 part 2 peserta diberikan kesempatan untuk terjun langsung ke masyarakat dalam rangka mengenalkan peserta mengenai kompetensi PLS yang salah satunya adalah sebagai Peneliti Sosial. Banyak peserta yang mengaku baru melakukannya, namun hal ini dianggap sebagai pembelajaran awal, mengingat penelitian adalah langkah awal untuk melaksanakan program ke PLS-an, melalui penelitian kita bisa tahu apa yang menjadi dasar permasalahan yang ada pada masyarakat. Riset tersebut dilakukan para peserta di Banten Lama dengan tujuan untuk mengetahui respon masyarakat terhadap Revitalisasi Banten Lama.

Dengan adanya riset tersebut, para peserta menjadi semakin sadar bahwa dalam realitas sosial yang sebenarnya ada begitu banyak hal yang harus diperhatikan. Selain kegiatan itu, IT 1 part  2 ini juga diisi dengan kegiatan pementasan yang melibatkan peserta, panitia dan tamu sebagai penampil. Ada yang menampilkan teater, puisi berantai, musikalisasi puisi dan improvisasi komedi sebagai wujud kreativitas dari mahasiswa maupun alumnus PLS.

Kegiatan IT 1 part 2 diakhiri dengan kegiatan permainan yang melatih kekompakan kelompok atau dinamika kelompok. Sebagai penutup, rangkaian acara ini banyak meninggalkan kesan yang menyenangkan baik bagi para peserta, panitia ataupun tamu yang terlibat.

Salah satu peserta mengatakan, Anita (18) “Cuma di IT 1 part 2 yang mengadakan rangkaian acara yang sangat menyenangkan sekaligus berkesan.” Hal tersebut juga dirasakan Ketua Pelakasana kegiatan yang merupakan peserta pada pelaksanaan IT 1 Part 1, Fahlan Zein. Ia mengaku sangat bangga bisa menjadi bagian dari keluaga IMADIKLUS UNTIRTA, terlebih ia merasa beruntung bisa mendapat kepercayaan untuk menjadi ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan IT 1 Part 2 ini juga turut dihadiri oleh kawan-kawan IMADIKLUS UIKA dan UNJ, serta turut dihadiri oleh para demisioner IMADIKLUS pusat seperti Kang Teguh (UPI) dan Kang Panji (UNTIRTA) serta tak lupa Ketua Imadiklus wilayah III kang Yusuf Sulaeman.

 

Oleh:
Farida Mayangsari
PLS UNTIRTA 2017

Foto Kegiatan

Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *