Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Mahasiswa PLS Unimed Raih Juara 2 Kompetisi Essay Nasional Edufair II 2018

Filed in Berita PLS by on Oktober 17, 2018 0 Comments • views: 51

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Universitas Negeri Medan (Unimed) patut bangga atas sejumlah prestasi yang berhasil ditorehkan oleh mahasiswa-mahsiswinya.




Kali ini prestasi tersebut ditorehkan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (Pendidikan Masyarakat) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang berhasil meraih juara 2 pada lomba karya tulis essay nasional pada event Edufair II 2018 di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Acara tersebut berlangsung dari 13-14 Oktober 2018, dan diselenggarakan oleh HMJ PLS Unesa.

Adapun mahasiswa yang tergabung dalam Tim perwakilan Unimed yakni Reckha Windi Khan dan Ahmad Rizaldi (Mahasiswa PLS stambuk 2016).

Tulisan essay yang mereka buat berjudul INFESTAR (Industri Kreatif Masyarakat Tuna Karya) sebagai solusi mengentaskan permasalahan kemiskinan dan pengangguran melalui optimalisasi peran LKP (Lembaga keterampilan dan pelatihan) dan kawanomal di Kota Medan, Sumatera Utara.

“INFESTAR merupakan industri kreatif Masyarakat Tuna karya, dimana yang kami gagas untuk mengatasi permasalahan kemiskinan dan pengangguran di kota Medan, Sumatera Utara. Melalui Optimalisasi peran LKP sebagai salah satu program PNF (Pendidikan Non Formal),” ujar Reckha Windi kepada Tribun Medan, Minggu (14/10/2018).

Selain itu, sambung Reckha, lewat gagasan itu mereka juga merekomendasikan sebuah kawanomal (kawasan non formal) yang nantinya akan dijadikan tempat oleh-oleh khas kota Medan, yang semua produk nya hasil dari warga belajar di LKP.

“Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 kami juga merekomendasikan kawanomal dalam bentuk aplikasi jual beli online yang nantinya kami harapkan bisa mempermudah masyarakat dari seluruh daerah untuk membeli oleh oleh khas Medan meski tidak berada di medan,” imbuhnya.

Atas prestasi yang berhasil mereka raih itu, keduanya pun turut mengaku senang dan bangga.

“Rasanya itu, senang dan bangga bisa membawa nama baik universitas di tingkat nasional dan bisa berbagi inspirasi bagi mahasiswa lainnya,” ungkap keduanya.

Lebih lanjut, Setelah ini, Reckha mengatakan mereka sudah punya target untuk diraih kedepannya. Untuk berikut nya mereka menargetkan akan mencoba mengikuti kompetisi di tingkat internasional, untuk mengharumkan nama Indonesia dan universitas.

“Setiap tahun kami selalu punya list dan target mengenai apa saja yang harus kami capai, 2 tahun sebelumnya kami mulai dari tingkat fakultas, lalu tingkat provinsi dan tahun ini Alhamdulillah target kami tercapai di tingkat nasional. Berikutnya kami menargetkan akan mencoba mengikuti kompetisi di tingkat internasional,” terang Reckha yang juga salah satu mahasiswi peraih beasiswa bidik misi.

Untuk diketahui, EDUFAIR merupakan agenda tahunan dari HMJ PLS Unesa, dan ini merupakan EDUFAIR KE II Nasional. Dengan tema ” peran pendidikan non formal dalam membangun masyarakat pada era revolusi industri 4.0 menuju Indonesia emas tahun 2045.

Ada 100 lebih essai yang masuk, namun yang masuk grand final hanya 10 besar , diantaranya :
Unimed, UGM, Universitas Brawijaya, UNESA, UNNES, Universitas Airlangga, Universitas Bandar Lampung, dan ITS Surabaya.

Dekan FIP Unimed, Dr. Nasrun, MS turut mengucapkan selamat kepada mahasiswa PLS yang berhasil meraih juara 2 lomba essay nasional di Unesa Surabaya.

“Semoga prestasi ini bisa terus ditingkatkan, kami terus motivasi dan bimbing mahasiswa FIP sehingga bisa menorehkan prestasi baik dikancah nasional maupun internasional. Sesuai dengan visi kita bersama, menjadikan kampus Unimed unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya,” ungkapnya.

Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd. juga turut mengucapkan selamat dan terimakasih kepada mahasiswa PLS yang berhasil meraih juara kedua pada lomba essay nasional. Karya-karya ilmiah seperti ini memberikan kontribusi nyata kepada kemajuan bangsa.

“Kita terus mendorong dan berupaya meningkatkan kualitas pendidikan sehingga mencetak lulusan-lulusan yang berdaya saing,” ujarnya.

 

_________________
Sumber : http://medan.tribunnews.com/2018/10/14/mahasiswa-pls-unimed-raih-juara-2-kompetisi-essay-nasional-edufair-ii-2018?page=1

Tags: ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018

Seluruh akomodasi peserta selama kegiatan pelatihan GRATIS*
KLIK DISINI BACA SELANGKAPNYA
close-link
DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018
KLIK DAFTAR
close-image

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL
Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Web Imadiklus, akan di selenggarakan pada: