Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Membanggakan Orang Tua Melalui Pendidikan Luar Sekolah

Filed in Curhat, Harapan PLS by on September 5, 2018 0 Comments • views: 129

Berbicara mengenai Pendidikan Luar Sekolah (PLS) sebenarnya saya belum pernah mendengar sepenuhnya sewaktu saya berada di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mendengar jurusan ini pun saya baru tau ketika salah satu teman saya saat akan ada SNMPTN dia memilih jurusan ini. Aku bertanya kepada temanku bagaimana prospek kerjanya saat lulus nanti, mungkin dia juga belum paham sepenuhnya dan hanya menjawab sebagai guru les dan penyelenggara kejar paket. Aku hanya bertanya sampai disitu dan tidak memilih PLS saat seleksi SNMPTN. Dan saat pengumuman SNMPTN ternyata aku tidak lolos seleksi, disitu saya mengalami kegalauan yang luar biasa, karena orang tua saya menaruh harapan besar supaya saya bisa kuliah. Maklum kedua orang tua saya bukanlah orang yang berpendidikan tinggi. Ayah saya hanya lulusan SMA dan ibu saya hanya lulusan SMP. Saya juga mempunyai seorang kakak perempuan yang sebenarnya dia termasuk anak yang pintar karena mendapat beasiswa nomor 2 di President University, tetapi walaupun mendapat beasiswa dia tidak mau melanjutkan kuliah karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Dan akhirnya setelah lulus sekolah menengah atas dan beberapa bulan kemudian dia menikah dengan seorang polisi.





Dibalik background keluarga saya yang bisa dibilang bukan dari kalangan orang yang berpendidikan, maka saya bertekad supaya saya bisa kuliah dengan harapan bisa membanggakan kedua orang tua saya. Tetapi saya bingung saat kuliah mau ambil jurusan apa? Karena saat tidak lolos SNMPTN untuk menigkuti SBMPTN saya sedikit ragu. Bisakah saya lolos seleksi yang diikuti puluan ribu putra putri yang ada di Indonesia. Saat akan mendaftar untuk tes SBMPTN saya menggali informasi dan melihat passing grade di setiap jurusan. Memang pilihan pertama saya ambil jurusan Akuntansi yang memang banyak diminati dan kedua Administrasi Publik. Kedua jurusan ini memang tidak berbuhungan dengan pendidikan saya sebelumnya yaitu SMK lebih tepatnya jurusan Multimedia. Dan pada pilihan ketiga atau terakhir saya memilih PLS.
Bisa dibilang saya memilih jurusan ini karena hanya ingin kuliah dan karena passing grade yang tidak terlalu tinggi. Tetapi apakah saya memilih jurusan ini hanya untuk pelampiasan? Disitu saya mulai mencari tahu lebih banyak tentang jurusanku ini, dan ternyata saya tidak salah jurusan karena banyak sekali lulusan PLS menjadi orang-orang yang hebat dan prospek kerjanya juga luas karena berhubungan dengan masyarakat.

Karena sekarang saya menjadi bagian dari mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah yang jelas saya mengharapkan terjadinya perubahan positif pada masyarakat terutama dalam hal pendidikan. Karena dengan itu bisa membuat Indonesia lebih maju dan mengurangi kemiskinan, karena orang yang cerdas mampu menghidupi dirinya sendiri dan jika mungkin bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain sehingga mengurangi pengangguran. Dan saya berdo’a semoga apa yang saya inginkan ini bisa terwujud sehingga ilmu yang saya pelajari bisa bermanfaat bagi sesame.

Semoga dalam waktu 4 tahun atau kurang saya bisa menjadi mahasiswa yang lulus dengan nilai baik dan ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat selalu. Dan bisa menjadi orang yang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang tidak bersekolah.

Penulis:
Rahmawati Febry Valentina
PLS UNESA 2017
mail: rahmawati.17010034037@mhs.unesa.ac.id

Tags: ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018

Seluruh akomodasi peserta selama kegiatan pelatihan GRATIS*
KLIK DISINI BACA SELANGKAPNYA
close-link
DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018
KLIK DAFTAR
close-image

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL
Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Web Imadiklus, akan di selenggarakan pada: