Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Mendapat Informasi Pendidikan Luar Sekolah dari Website IMADIKLUS

Filed in Berita PLS, Curhat, Harapan PLS by on September 10, 2018 0 Comments • views: 194
Disaat saya mendaftar jalur SNMPTN dan ternyata tidak lolos, saya merasa pasrah untuk mendaftar SBMPTN. Saya memiliki keraguan dalam mengikuti SBMPTN. Karena disisi lain saya ada keinginan untuk bekerja dan menunda kelanjutan sekolah saya setahun kedepan. Tetapi orang tua saya selalu memberikan dukungan untuk saya agar mengikuti SBMPTN. Saya bingung saat memilih jurusan dan universitas mana yang akan saya tuju. Hanya berbekal smartphone, saya mulai mencari-cari informasi. Disaat saya melihat daftar jurusan yang ada di UNESA terutama bagian Fakultas Ilmu Pendidikan, membuat saya tertarik untuk lebih menggali informasi setiap jurusan. Akhirnya pilihan pertama saya adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar karena itu merupakan pilihan dari orang tua.
Pilihan kedua adalah Pendidikan Luar Sekolah (PLS) atau Pendidikan Non Formal (PNF), pilihan yang sebelumnya saya tidak tahu menahu tentang jurusan ini. Tetapi setelah saya mencari informasi dan mendapatkan sebuah artikel dari web IMADIKLUS tentang Pendidikan Luar Sekolah yang ditulis 2 tahun yang lalu membuat saya tertarik akan mengenal jurusan ini. Isi informasi PLS yang ada dalam artikel tersebut juga menarik. Yang membuat saya tertarik untuk memilih jurusan PLS ini adalah pembelajarannya yang belum pernah saya pelajari dalam pendidikan formal disekolah. Pilihan yang ketiga adalah jurusan Sastra Jerman, yaitu keinginan saya sendiri.
Setelah tes SBMPTN berakhir, saya hanya pasrah kepada Allah. Apapun yang Allah berikan kepada saya pasti itu hal yang terbaik bagi saya. Dan ternyata, Alhamdulillah. Allah memberikan saya kesempatan untuk dapat merasakan bangku kuliah di jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Padahal sebelumnya saya sempat berpikir, mungkin jika tes saya dapat memenuhi kriteria kelulusan kemungkinan saya diterima di pilihan ketiga yaitu Sastra Jerman. Disitu saya sangat bersyukur bisa berada dalam keluarga PLS. Dalam kegiatan pembelajaran yang sedang berjalan ini saya harap bisa berkontribusi lebih baik dan bisa memanfaatkan sebaik-baiknya waktu 4 tahun dalam PLS. Sebenarnya saya ini pemalu dan sukar dalam bergaul, jadi saya harap saat mengikuti organisasi di PLS saya bisa lebih aktif dan percaya diri dalam berteman.
Tidak bisa dipungkiri setelah kita lulus sebagai Sarjana Pendidikan memang tidak sulit untuk mendapatkan pekerjakan dibidangnya. Khusunya lulusan PLS sendiri pasti sudah banyak program kerja yang menanti. Setelah lulus dalam PLS ini, tujuan saya selanjutnya adalah ingin sekali dapat bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Tetapi disisi lain jika orang tua saya mengijinkan, saya ingin sekali mempunyai kesempatan untuk dapat meneruskan pendidikan S2 saya di Korea Selatan.
PLS sendiri sangat erat sekali dalam pengabdian pada masyarakat. Jadi, saya harap dapat membangun taman belajar untuk anak-anak jalanan yang putus sekolah, anak-anak yang kurang mampu, dan orang dewasa yang dahulu putus sekolah didaerah tempat tinggal saya. Disamping itu, saya ingin membentuk sebuah pemberdayaan untuk ibu-ibu dalam mendirikan bank sampah dan usaha mengolah barang bekas.
Karena masih banyak masyarakat awam yang belum mengenal tentang jurusan PLS ini. Saya sebagai bagian dari jurusan PLS ini berharap bisa mengenalkan jurusan ini agar peminat dari PLS dapat bertambah, dan terdapat calon-calon garda muda PLS UNESA kedepannya.

 




Oleh:
Yanis Noveana Devi
PLS UNESA 2017
mail: yanis.17010034059@mhs.unesa.ac.id

Tags: ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *