Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

MENGENAL PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MELALUI PROGRAM KUNJUNGAN

Filed in Artikel dan Opini, Berita PLS, Kegiatan Kampus by on November 15, 2018 0 Comments • views: 103

Kunjungan ke BP-Paud dan Dikmas Jawa Timur merupakan program yang diselenggarakan oleh BPH Imadiklus Unesa yang sudah direncanakan sejak lama. Pada program kunjungan kali ini BPH Imadiklus Unesa mengusung tema “Meningkatkan pengetahuan peran PLS pada mahasiswa”, menurut Ketua BPH Imadiklus Unesa Fajar Eko mengungkapkan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk lebih mendalami dunia PLS serta untuk mengetahui peran Balai dalam pengembangan program PLS. Program kunjungan seperti ini dirasa penting bagi mahasiswa PLS karena dengan program kunjungan seperti ini mahasiswa PLS jadi paham akan peran balai dalam pengembangan program-program PLS. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum’at 28 September 2018, dan dihadiri oleh sekitar 100 orang peserta yang diawali dengan sambutan-sambutan baik dari Ketua BPH Imadiklus maupun dari pihak Balai yang di wakili oleh Bapak Eko Yunianto selaku Kasi Informasi dan Kemitraan Balai. Dalam sambutannya Bapak Eko memaparkan singkat mengenai profil lembaga yakni BP-Paud dan Dikmas Jawa Timur, dari mulai visi dan misi Balai, hingga kedudukan Balai sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud.




Materi yang pertama disampaikan oleh Bapak Santoso selaku Pamong Belajar Madya, beliau menyampaikan mengenai prinsip-prinsip PLS. Beliau menyebutkan bahwa prinsip PLS ada 3 yakni Luas, Luwes, dan Sesuai. Itu dikarenakan memang bidang garapan PLS sangat luas mulai dari PAUD sampai pendidikan keluarga. Dari yang kami tangkap yang dimaksud Luwes disini lebih mengacu pada sifat PLS yang fleksibel dan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman dan menyesuaikan dengan kondisi masyarakat sekarang.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Muzaqi yang memberikan motivasi kepada para peserta kunjungan kali ini, beliau menyatakan bahwa mahasiswa PLS harus percaya diri dalam mendalami PLS. beliau pun juga menyatakan bahwa kondisi PLS sekarang dengan dulu sudah sangat berkembang apalagi beberapa tahun belakangan ini. Banyak sekali mahasiswa PLS yang mengajukan pertanyaan seputar keluhan-keluhan untuk lulusan PLS yang kurang diterima masyarakat, padahal dalam kenyataannya masyarakat itu sangat membutuhkan lulusan-lulusan PLS. Bapak Muzaqi juga menguatkan dengan mengatakan bahwa bila sebelumnya keberadaan PLS dianggap sebelah mata, tapi sekarang sudah mulai diakui dan disejajarkan dengan pendidikan formal.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta, panitia, dan perwakilan dari pihak Balai yang menghadiri acara ini. Dengan adanya kunjungan ini peserta menjadi sadar dan tahu akan bidang garapan PLS di lapangan seperti apa terutama di Balai seperti Bp-Paud dan Dikmas Jawa Timur. Sehingga setelah adanya kegiatan ini peserta tidak hanya paham mengenai teori yang sudah dijelaskan dalam perkuliahan akan tetapi juga paham bagaimana realitas pekerjaan PLS seperti apa.

 

Oleh Novita Permatasari

PLS Unesa 2017

Dokumentasi Kegiatan

           

         

          

Tags: , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *