Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Pendidikan Luar Sekolah itu Menarik, Ini Alasannya

Filed in Harapan PLS by on September 6, 2017 0 Comments • views: 48

Pendidikan Luar Sekolah itu Menarik, Ini Alasannya. Dari awal pendidikan saya hingga pemilihan jurusan untuk masuk perguruan tinggi, tidak pernah terlintas dalam pikiran saya tentang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) ini. Namun ketika mendekati sbmptn, kakak tingkat saya mempresentasikan tentang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) secara singkat. Jadi saya belum mengerti dan mengetahui Pendidikan Luar Sekolah (PLS) itu seperti apa. Dan saat itu, saya sama sekali tidak tertarik dan tidak ada minat untuk mengambil jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Kata tidak tertarik sama sekali dan tidak memiliki minat di sini seperti sudah tidak ada harapan lagi untuk masuk prodi Pendidikan Luar Sekolah. Nah, apa dong alasan yang membuat saya tertarik untuk masuk prodi ini?




Meskipun saat kakak tingkat saya presentasi saya tidak terlalu tertarik, namun ketika mendekati pendaftaran saya sangat bingung mau memilih jurusan apa? Jadi saat itu saya teringat suatu kalimat yang diucapkan kakak tingkat saya ketika presentasi yakni “Pendidikan Luar Sekolah itu tidak hanya mempelajari satu bidang ilmu pengetahuan melainkan berbagai ilmu pengetahuan”. Dari kalimat ini saya kembali mempertimbangakan dan membuka hati untuk mencoba memilih prodi tersebut. Sungguh sangat luar biasa kalimat ini apalagi bagi masyarakat luar negeri. Karena seperti yang kita ketahui masyarakat luar negeri hanya focus dan menekuni suatu bidang ilmu pengetahuan yang sesuai dengan passion dan basic mereka. Berbeda dengan Bangsa Indonesia yang sangat luar biasa “serakah” dalam bidang ilmu pengetahuan. Juga banyak orang yang berpikir bahwa ketika masuk perguruan tinggi pembelajaran tidak lagi sama seperti ketika masih menempuh pendidikan dasar, semua pengetahuan masuk dalam pembejaran. Ya benar, namun Pendidikan Luar Sekolah (PLS) berbeda. PLS: Pasti Lebih Sukses!!! Pendidikan Luar Sekolah mempelajari berbagai dasar-dasar ilmu pengetahuan.

Saya sebagai mahasiswa Indonesia saya memilih prodi ini, karena prodi tersebut mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Bukan hanya itu, prospek kerjanya pun menjanjikan dan sangat luas, serta masih banyak lagi seperti; lebih berbakti dan mengabdi kepada masyarakat dari semua kalangan. Sungguh sangat mulia orang yang bergabung dalam Pendidikan Luar Sekolah.

Harapan saya mengambil Pendidikan Luar Seolah adalah belajar untuk dapat mengabdi sepenuhnya kepada masyarakat, khususnya masyarakat-masyarakat yang tertinggal dan yang belum terakses. Saya sangat berharap penuh setelah saya menyelesaikan perkuliahan saya, saya boleh menerapkan ilmu yang saya dapatkan selama menempuh perguruan tinggi kepada masyarakat luas dan yang membutuhkan, khususnya di daerah saya.

Dengan bergabung dalam Pendidikan Luar Sekolah, saya sangat berharap lebih mengetahui dan mengenal secara dalam akan Pendidikan Luar Sekolah, tidak hanya dalam lingkup pendidikan yang formal tetapi juga dalam lingkup yang lebih luas lagi. Saya berharap pun Pendidikan Luar Sekolah ini bukan menjadi pilihan cadangan atau sampingan tetapi menjadi pilihan yang benar-benar para mahasiswa maupun calon mahasiswa dambakan, idam-idamkan, dan memang diminati.

Bagi saya sebagai mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, jurusan saya ini begitu membanggakan. Karena apa yang dipelajari dan diperoleh merupakan ilmu yang sangat berfaedah,tidak hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk orang-orang di sekitar kita. Saya sungguh sangat bangga bisa masuk dan mengenal jurusan Pendidikan Luar Sekolah ini. Dengan adanya program-program Pendidikan Luar Sekolah, semua kalangan masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan yang baik dan mereka yang tidak berkesempatan menempuh pendidikan formal dapat bersaing. Saya berharap ke depan lebih diperluas lagi dalam praktik kerja lapangannya. Kalau bisa semua mahasiswa disebar ke daerah-daerah yang benar-benar membutuhkan bimbingan teman-teman mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah.

 

Penulis
Marga Adevita 
Email: marga.17010034083@mhs.unesa.ac.id
PLS UNESA 2017

Tags: , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *