Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Unik dan Menarik, mengapa?

Filed in Curhat, Harapan PLS by on Agustus 29, 2018 0 Comments • views: 80

“Mau ngambil jurusan apa?” tanya tutor lesku kala itu, akupun menjawab dengan penuh percaya diri “pendidikan luar sekolah,” raut wajah tutorku terlihat sangat kaget, ku kira ia akan mengeluarkan kata kata meremehkan seperti yang diucapkan banyak orang padaku saat mengetahui aku memilih jurusan PLS ternyata tidak. “wah gila salut saya sama kamu di jaman sekarang masih ada yang mau ambil jurusan itu. Saya yakin kamu nanti bisa sukses, saya tunggu!” sekelas pun terkaget mendengar ucapan yang dikatakannya termasuk aku. Ucapannya menambah kepercayaan diriku terhadap jurusan yang akan ku pilih.




Begitulah cerita singkat yang paling saya ingat dari tanggapan orang sekitar tentang jurusan saya. Sebenarnya alasan utama saya memilih jurusan PLS adalah saya suka kebebasan dan tidak suka keterikatan.

Maksud dari alasan saya adalah ketika saya lulusan dari jurusan PLS pekerjaan saya nantinya tidak bergantung/terikat hanya pada beberapa lembaga saja. Ditambah lagi saya bisa mendirikan sebuah lembaga sendiri dan memberi lapangan kerja bagi orang lain. Ya hitung hitung mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.

Menurut saya juga PLS juga jurusan yang unik dan menarik, mengapa? Karena apa yang tidak dipelajari jurusan lain kita pelajari, apa yang tidak diperhatikan jurusan atau bahkan orang lain, kita sebagai pendidik luar sekolah dituntut untuk memerhatikan masalah/situasi tersebut. Contohnya saja, di jurusan PLS kita mempelajari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan orang dewasa yang mana sudah terlihat jelas bahwa objek atau sasaran kita bisa siapa saja (kondisional). Itu membuat saya sebagai mahasiswa PLS merasa enjoy dengan mata kuliah di jurusan PLS.

Harapan atau tujuan saya setelah lulus dari jurusan PLS adalah saya bisa membantu masyarakat pemulung yang ada di sekitar daerah saya untuk meningkatkan taraf hidupnya agar terjadi peningkatan antar generasinya. Dan saya pun ingin mendirikan atau simple-nya mengajari anak anak pemulung agar mereka nantinya bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan membanggakan orang tua mereka tentunya.

Untuk seluruh mahasiswa PLS di Indonesia, kalian wajib bangga ada di jurusan PLS sekarang!

Oleh:
Nadia Zhafira Andani
PLS UNNES 2017
Mail: andaninadiazhafira@yahoo.com

Tags: , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *