Subscribe via RSS Feed Connect on Instagram Connect on Google Plus

Pendidikan Luar Sekolah Pilihan Tepat

Filed in Curhat, Harapan PLS by on September 18, 2018 1 Comment • views: 172

Pendidikan Luar Sekolah itulah nama jurusan yang aku ambil saat ini, saya berasal dari sebuah desa yang bernama Desa Mandi Aur, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi SUMATERA SELATAN Ntahlah aku sendiri pun bingung Pendidikan Luar Sekolah (PLS) itu sendiri apa?




Jujur saja awalnya sama sekali tidak ada keinginan masuk jurusan PLS bahkan aku sendiri pun tidak tau apa PLS itu?  yang saya impikan adalah berkuliah di Universitas Pattimura Ambon fakultas Hukum akan tetapi pada saat itu keinginan saya berkuliah disana tidaklah mendapatkan restu dari orang tua dan keluar karena jarak antara Musi Rawas dan Ambon sangat jauh dan ditambah saya anak perempuan pertama dari 4 saudara yang sama sekali tidak mendapatkan izin untuk mengenyam pendidikan keluar dari provinsi SUMSEL. Pada saat ini saya benci akan semua orang yang tidak mendukung keinginanku, hingga saya menceritakan semua ini pada seorang guru dan dia menyarankan masuk ke jurusan PLS.

Dari penjelasan singkat yang saya terima saya memutuskan mengambil jurusan ini, hingga saya mendaftakan diri melalui pendaftaran online SNMPTN dan PLS merupakan  jurusan satu-satunya yang saya pilih pada saat itu, saya memutusakn untuk mendaftar di Universitas Bengkulu dan alhamdllah puji syukur saya diterima di kampus Universitas Bengkulu jurusan PLS, akan tetapi dengan kelulusan ini masih membuat saya tidak mendapatkan izin karena pengetahuan keluarga saya masih awam tentang PLS mereka beranggapan jika saya selesai dari kuliah ini saya akan mengajar di SLB.

Dan dengan tegas saya menjawab bahwa apa yang kalian anggap itu adalah salah besar, saya memberi penjelasan tentang PLS seperti yang guru saya katakan pada saya, hingga mereka pun menyutujui keputusan yang saya ambil. Dengan bekal yang sangat minim saya mencoba memberanikan diri masuk dan terjun langsung ke kampus, seiring berjalannya waktu setelah banyak mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus atau PKK pengetahuan tentang PLS saya pun bertambah dengan bimbingan dan motivasi yang hebat dari semua dosen-dosen saya sama sekali tidak menyesali memutuskan mengambil jurusan PLS, bahkan jurusan PLS yang bisa membuat hidup saya bisa bermanfaat untuk banyak orang disekitar saya.

Bahkan sekarang saya sudah memasuki semester VII yang sebentar lagi insya allah dan mohon do’anya semoga dilancarkan cepat selesai, tidak hanya sebatas ini saya pun berkeinginan besar bisa melanjutkan s2 dengan jurusan yang sama. Harapan besar saya setelah mengetahui secara mendetail tentang PLS saya berkeinginan mendirikan PKBM karena disekitar saya masih banyak anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan, masih banyak masyarakat yang buta aksara, masih banyak masyarakat yang tidak memiliki keterampilan dan pekerjaan. 

Dulu saya berfikir bahwa masuk dijurusan yang salah dan universitas yang salah itu sama sekali tidak akan indah, tetapi semenjak saya tau, paham dan mengerti bahwa PLS lah yang diri saya cari dan butuhkan selama ini. Baahakan akan menjadi salah besar jika saya tidak mengambil jurusan ini, Saya suka PLS, Saya Cinta PLS dan saya bangga menjadi mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah.

 

Penulis
HERLI MARDIANA
PLS UNIB 2015
UNIVERSITAS BENGKULU

 

Tags: ,

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi. Wabarokatuh. Jangan tunggu nanti dik. Mulailah dr sekarang, kalau mau magang main2 dulu ke UIKA Bogor. Kami punya kelas khusus para pengelola PKBM yg mendapat beasiswa selama 4 tahun dr Dinas Pendidikan Kab. Bogor. Adik bisa belajar dgn mereka. Saat iniereka ada di Smt 5.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *