Subscribe via RSS Feed Connect on Instagram Connect on Google Plus

Pentingnya Media Sosial untuk Masyarakat di Era Revolusi Industri 4.0

Filed in Artikel dan Opini by on Desember 20, 2018 0 Comments • views: 87

Agenda Pelatihan Media Sosial dan pengolahan Website IMADIKLUS yang diprakarsai oleh organisasi resmi jurusan ilmu pendidikan program studi pendidikan luar sekolah, yaitu: IMADIKLUS ini merupakan salah satu wadah aktualisasi yang kreatif, inovatif serta jawaban dalam menghadapi fenomena revolusi teknologi industri 4.0 yang mana dalam pelaksanaannya masih bernilai transparan bahkan sebagian para pelaku generasi zeru ada yang buta akan hal ini.  Sebagai generasi zeru pasti kita harus bisa mengetahui apa itu teknologi, dan bagaimana kita dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran agar tidak tertindas oleh pesatnya perkembangan teknologi.




Teknologi merupakan salah satu faktor utama dalam mengembangkan ekonomi bangsa, salah satunya adalah dengan bergerak di bidang teknologi informasi seperti pengolahan website. Karena teknologi sudah banyak mengubah pola aspek dalam era milenial ini, dimana segala informasi dapat diakses dengan mudah melalui berbagai macam elektronik seperti app mozila, google crome, dan sejenisnya yang mana didalamnya mengandung unsur seperti blogger, whatped, wordpress, dan lain sebagainya. Manfaatnya sangat banyak apalagi kita sebagai pemeran utama pada sektor pendidikan masyarakat, khususnya pendidikan non formal harus bisa menguasai teknologi agar dapat memberantas buta aksara, menguasai sektor  teknologi merupakan jembatan agar tidak hanya sebagai penonton dan korban informasi dari golongan tertentu. Website sangat berpengaruh untuk menginformasikan dan mengenalkan pendidikan luar sekolah dan peran-perannya dalam berpartisipasi mengubah pola pikir masyarakat, ketika kita bisa mengolah website dengan baik kita bisa mengurangi pengeluaran biaya bahkan bisa mencari profit dengan sponsor yang bermitra pada alamat website yang kita buat.

Pada era teknologi yang berselancar sangat cepat ini berpotensi untuk menjadikan posisi website sebagai raja pada bidang informasi bahkan menjadikannya sebagai suatu panutan untuk bergaya hidup dan berideologi bebas dengan dasar yang kuat. Website merupakan salah satu media pendongkrak gerbang menuju pencetak para kader demografi yang bermanfaat, dan bermartabat. Angka demografi di negara Indonesia sangat menjanjikan jika hal ini belum teralisasikan mungkin bonus demografi akan menjadi beban pada bangsa kita. Dapat dikatakan menjanjikan apabila para penduduk bangsa mampu berproduktifitas tinggi dan mengarahkan seluruh aspek kehidupannya kedalam hal yang positif seperti mengembangkan teknologi, membuat alat-alat pendeteksi agar mempermudah suatu pekerjaan, ikut andil dalam mewarnai website dengan kolaborasi warna yang menjanjikan dan dapat dipertanggung jawabkan. Apabila para generasi zeru tidak mau tahu (apatis) atau dapat dikatakan tidak ingin mempelajari seperti apakah bentuk realita dari power point 4.0 dan dampak apa yang di sebabkan olehnya. Jika hal yang tidak di inginkan ini terjadi bisa jadi Negara kita akan tertindas dengan kejamnya dunia maya dan kemungkinan tertipu daya olehnya akan bertambah panas. Banyak manfaat yang dapat kita petik dari pelatihan bagaimana cara mengelolah website dan mendesignnya. Website ternyata juga mengalami beberapa perubahan fungsi yang relevan terhadap kebutuhan masyarakat. Pada awalnya jika kita tinjau dalam kacamata sejarah ternyata website hanya dimanfaatkan sebagai alat pertukaran informasi para ilmuwan   pada perguruan tinggi. Ketika masuk pada tahun 1994 website mulai dimanfaatkan untuk tujuan yang lain seperti bisnis (IBM,microsoft, dan pizza hut), organisasi (Amnesty International), lembaga pemerintah (White House), situs berita (the telegraph, dan the economist), dan mesin pencari (Yahoo!).

Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *