Subscribe via RSS Feed Connect on Instagram Connect on Google Plus

PENTINGNYA SOSIAL MEDIA DI KALANGAN REMAJA

Filed in Artikel dan Opini by on Desember 17, 2018 1 Comment • views: 125

Media sosial merupakan salah satu bentuk dari perkembangan internet. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada tahun 2013 (kominfo.com), mengungkapkan pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95% menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Panji dalam bukunya menyatakan terdapat tiga motivasi bagi anak dan remaja untuk mengakses internet yaitu untuk mencari informasi, terhubung dengan teman (lama dan baru) dan untuk hiburan. Pencarian informasi yng dilakukan sering didorong oleh tugas-tugas sekolah, sedangkan penggunaan media sosial dan konten hiburan di dorong oleh kebutuhan pribadi.




Perkembangan Internet di Indonesia semakin berkembang pesat dengan adanya berbagai macam sarana atau wadah untuk terhubung ke internet. Remaja di Indonesia yang memanfaatkan internet pun semakin banyak, baik dengan menggunakan ponsel maupun komputer. Menurut Crish Garret media sosial adalah alat, jasa dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang dengan satu sama lain dan memiliki peminat yang banyak tidak terkecuali para remaja, bahkan usia dibawah umur sudah memiliki akun media sosial pribadi. Munculnya berbagai macam media sosial memberikan pengaruh langsung baik positif maupun negatif. Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, media sosial adalah “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Kehadiran media sosial di kalangan remaja, membuat ruang privat seseorang melebur dengan ruang publik. Terjadi pergeseran budaya di kalangan remaja. Para remaja tidak segan-segan mengupload segala kegiatan pribadinya untuk disampaikan kepada teman-temannya melalui akun media sosial dalam membentuk identitas diri mereka.

Hasil sebuah penelitian seorang dosen di Universitas Diponegoro Semarang yang berjudul Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitaspada tahun 2015 menunjukan hasil bahwa  sosial media berhasil menjadi wadah bagi remaja dalam menunjukan eksistensi diri. Media sosial membantu mereka dalam membangun citra positif di lingkungan perteman onlline nya. Remaja suka menampilkan identitas mereka yang pintar, terlihat bahagia, dan mengerjakan hal-hal yang mereka sukai.

Namun media sosial tidak akan terlepas dari pengaruh positif maupun negatif. Dampak itu tergantung dari penggunanya sendiri. Dampak positif dan negatif sosial media di atas tidak akan terjadi apabila remaja itu pandai memanfaatkan sosial media tersebut dengan baik dan benar. Selain remaja itu sendiri yang bisa mengaturnya namun lingkungan juga bisa menjadi faktor penting mendorong remaja dan dampak yang di dapatkan.

 

Tags: , ,

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Anissa Amelia berkata:

    ???

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *