Subscribe via RSS Feed Connect on Instagram Connect on Google Plus

Perbedaan Aspek – Aspek dalam Pendidika Formal , Informal dan Nonformal

Filed in Pendidikan masyarakat by on November 24, 2012 0 Comments • views: 206
  1. Aspek Peserta Didik Peserta didik pada satuan pendidikan formal  berusia pada usia sekolah Peserta didik pada satuan pendidikan nonformal  dan informal  berusia minimal 3 tahun di atas usia sekolah, khusus untuk peserta didik PAUD berusia 0 – 6 tahun.
  2. Aspek Kegiatan PendidikanKegiatan pendidikan formal  berbentuk kegiatan belajar mengajar yang terstruktur dan berjenjang. Kegiatan pendidikan informal  yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.
  3. Aspek Satuan Pendidikan Satuan pendidikan formal  menggunakan kurikulum ditetapkan oleh pemerintah Satuan pendidikan nonformal  dalam bentuk kursus dan lembaga pelatihan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang memuat pendidikan kecakapan hidup dan keterampilan.
  4. Aspek Satuan Hasil Hasil pendidikan formal  tidak perlu melalui proses penilaian penyetaraan dari lembaga manapun karena telah mengacu kepada standar nasional pendidikan ü Hasil pendidikan nonformal  dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal  setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu kepada standar nasional pendidikan.
  5. Aspek Pengawasan Pengawasan pada pendidikan formal  dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan Pengawasan pada pendidikan nonformal  dilakukan oleh penilik satuan pendidikan
  6. Aspek Pengelolaan Pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menerapkan manajemen berbasis sekolah yang ditujukan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas sedangkan pada jenjang pendidikan tinggi menerapkan otonomi perguruan tinggi untuk mendorong kemandirian dalam pengelolaan akademik, operasional, personalia, keuangan dan area fungsional kepengelolaan lainnya yang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *