Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Pilih Pendidikan Luar Sekolah Karena Memiliki Peluang Besar

Filed in Curhat, Harapan PLS by on Agustus 28, 2018 0 Comments • views: 65
Pendidikan merupakan aspek penting untuk mewujudkan negara yang memiliki sumber daya manusia yang baik, berkualitas, dan berkarakter. Jika kita berfikiran luas, bahwa pendidikan yang memiliki peran besar adalah pendidikan yang berada diluar lingkup pendidikan formal yang biasa terjadi di sekolah dari SD hingga SMA.
Pendidikan yang kita peroleh di sekolah tidak sepenuhnya membantu siswa untuk menemukan jati diri mereka, justru ada dari mereka merasa tertekan, merasa tersisih karena tidak mampu mencapai akademik yang baik. Bukan berarti mereka bodoh, setiap manusia di ciptakan dengan kadar otak yang sama cerdasnya tinggal bagaimana cara seorang pendidik membantu mereka untuk menemukan arah  kemampuan atau bakat minat siswa tersebut.
Sebelum  di terima di jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), saya berkali-kali  mencoba mendaftar di jurusan DKV, Teknik informatika, dan yang terakhir adalah Teknologi Pendidikan. Pada saat itu saya sama sekali tak menyentuh pendidikan luar sekolah, karena jurusan tersebut belum familiar. Namun, akhirnya saya gagal tak ada satupun jurusan yang saya pilih menerima saya. Sampai pada percobaan di tahun berikutnya saya memilih pendidikan bahasa jawa, pertelevisian, dan pilihan ketiga yang saya bingung harus memilih apa, dan akhirnya saya memilih PLS karena memiliki peluang besar untuk diterima di perguruan tinggi negeri. Saat pengumuman ternyata saya di terima di PLS. Saya bersyukur, Allah menemukan jalan yang terbaik untuk saya menimba ilmu.
Saya merasa beruntung masuk di jurusan pendidikan luar sekolah, karena PLS ini memiliki peluang yang besar pada dunia pendidikan. Dari PLS ini, timbul ruh atau jiwa pada diri saya untuk mengabdikan diri menjadi seorang pendidik yang baik, membantu negara dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Setelah lulus saya bisa menjadi dosen, mendirikan taman belajar yang menyenangkan untuk membantu khususnya mereka yang kurang beruntung di pendidikan formal untuk menemukan arah jati diri mereka, dan potensi besar mereka yang perlu di kembangkan.
Harapan saya, PLS di Indonesia mampu menciptakan kader-kader bangsa yang memiliki unggul dan kualitas sumber daya manusia yang tidak kalah hebat dan mampu bersaing di kancah Internasional.

 




Oleh:
Nailun Nusro Maulidia
PLS UNESA 2017

Tags: ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *