Beranda Artikel dan Opini RAMADHAN ASIK ALA PLS UNESA

RAMADHAN ASIK ALA PLS UNESA

90
0

Ramadhan asik ala PLS UNESA merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa PLS UNESA dalam rangka memeriahkan bulan suci ramadhan, yang bertemakan “Mewujudkan Kekeluargaan Dengan Berbagi Kepada Sesama”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 1 Juni 2018 yang bertempat di Gedung O1 Lantai 3 Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, kekeluargaan, dan mengajarkan nilai berbagi antar semua elemen di jurusan Pendidikan Luar Sekolah, baik Komunitas Gerlik, pengurus HMJ periode 2018, hingga BPH Imadiklus UNESA yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut .

Kegiatan ini dimulai dengan sholat dhuha bersama dan dilanjut dengan khotmil al-qur’an dari mulai pagi hari pukul 08.00 tepatnya, hingga menjelang sholat Jum’at. Dalam kegiatan khotmil Al –Quran mahasiswa dibagi perjuz sesuai dengan porsinya masing-masing. Setelah itu, dilanjut dengan kegiatan Tausiyah Ramadhan ala PLS.

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya saja, akan tetapi juga dihadiri oleh Ketua Imadiklus Wilayah 1 yaitu, M Nashiruddin Amru dari Universitas Negeri Yogyakarta. Pemateri dalam acara ini diisi oleh Bapak Widodo, S.Pd, M. Pd selaku dosen Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Pak Widodo selaku pemateri tausiyah Ramadhan ala PLS memberikan materi tentang pergaulan dan pentingnya berbagi kepada sesama. Pemateri membawakannya dengan sangat menarik dan lugas sehingga bisa didengarkan dengan seksama oleh para mahasiswa. Materi yang diberikanpun sangat sesuai dengan tema kegiatan Ramadhan ala PLS kali ini.

Setelah acara Tausiyah Ramadhan ala PLS telah selesai, para peserta melanjutkan acara menuju ke lokasi pembelajaran Komunitas Gerlik yang berada di daerah perkampungan kumuh Wonokromo, selain mempererat kembali tali silahturahmi dengan komunitas tersebut sebagai wadah pembelajaran PLS UNESA, mahasiswa juga memberikan pembelajaran edukatif kepada peserta didik Komunitas Gerlik. Pembelajaran tersebut berupa permainan – permainan edukatif yang menarik dan menyenangkan, serta pastisipasi aktif dari peserta didik sehingga mampu meningkatkan motivasi dan kesadaran peserta didik akan pentingnya belajar.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian takjil kepada warga yang berada sekitar daerah Wonokromo. Para warga terlihat senang dengan kegiatan yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya baik dalam kegiatan yang bersifat edukatif maupun kegiatan yang sifatnya sosial dan peduli kepada sesama. “Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan oleh pemuda untuk meningkatkan rasa kepedulian kepada sesama, apalagi ini bulan ramadhan”, kata seorang warga yang berada di sekitar lokasi tersebut. Kegiatan Ramdhan ala PLS kali ini pun berjalan dengan lancar dan sukses.

Kegiatan selanjutnya, ditutup dengan buka puasa bersama yang diikuti oleh para peserta dan seluruh elemen mahasiswa PLS yang berpartisipasi dalam kegiatan Ramadhan asik ala PLS kali ini.

Dalam acara ini, banyak sekali manfaat yang bisa didapat oleh peserta kegiatan, baik sebagai wadah pengembangan diri bagi mahasiswa yaitu sikap sosial terhadap sesama maupun sebagai ajang menebar kebaikan di bulan suci Ramadhan. Diharapakan kegiatan seperti ini bukan hanya dapat berlanjut kedepannya serta menjadi sebuah sumber inspirasi kebaikan bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan