Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

RESENSI “TUJUH PELAJARAN SINGKAT FISIKA” (Carlo Rovelli)

Filed in Artikel dan Opini by on Oktober 1, 2018 0 Comments • views: 80
Berkumpul bersama orang-orang yang suka membaca memang memunculkan hasrat untuk membaca juga. Awalnya iseng dan coba-coba, kadang yang dilihat justru halaman dan tergesa menyelesaikan bacaan. Tapi lama kelamaan memberikan kenyamanan. Urusan waktu ternyata bukan hanya berlaku untuk pemuda yang sedang mengejar cintanya supaya terbalas. Dalam hal ini pun berlaku. Dan muncul kesadaran bahwa urusan waktu akan selalu nimbrung dalam hal apapun.
Pertemuan-pertemuan kecil di warung kopi dengan lampu kuning diiringi musik indi adalah suasana romantis bersama buku. Ditambah kopi hitam dengan cangkir mungil berjejer tumpukan rapi nikotin bundar panjang menambah kekhusyukan kami bercengkrama dengan larik’an kata.
Sore itu bersama 3 kawan yang dipertemukan karena saling rindu. Kemudian salah seorang kawan wanita menyodorkan buku. Katanya buku itu terbeli akibat dia pergi ke Jogja sendirian. Daripada tidak ada aktivitas apa-apa di kereta mending buat baca buku. Ya pikirku karena memang membaca adalah hidup dia. Jadi bagaimana pun kondisinya tetap meluangkan waktu untuk membaca.
Buku itu berjudul TUJUH PELAJARAN SINGKAT FISIKA Oleh Carlo Rovelli. Buku yang termasuk Internasional Best Seller. Buku ini merangkum seluruh keindahan fisika modern dengan hanya 78 halaman. Istimewanya buku ini adalah mampu membuat saya suka fisika. Padahal pada waktu sekolah dulu merupakan mata pelajaran yang paling aku benci. Oleh karenanya aku ingin meresensinya. Kurang lebihnya begini resensiku mengenai buku ini.
“Judul : Tujuh Pelajaran Singkat Fisika
Penulis : Carlo Rovelli
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 2018
ISBN : 978-602-03-8147-3
Isi : 70 hlm
Buku ini adalah karya yang sangat menyenangkan. Didalamnya membahas ilmu fisika modern dimulai dengan yang paling dasar, namun tidak meninggalkan subtansi. Pelajaran demi pelajaran secara runtut dijelaskan dengan bahasa yang cukup ringan. Sehingga pembaca yang tidak tahu fisika pun bisa dengan mudah memahami isinya.
Kalimat pertama buku ini langsung menggugah. Yaitu “Albert Einstein setahun luntang lantung tanpa tujuan”. Otomatis memunculkan tanya, kok bisa ? Secara beliau ilmuan besar dengan kecerdasan yang luar biasa. Hampir seluruh dunia menyetujuinya. Dipelajaran pertama juga disebutkan bahwa beliau meninggalkan sekolah di Jerman karena tidak kuat menanggung ketatnya SMA disana. Kalimat tersebut menambah rasa penasaran tentang beliau.
Buku ini menjelaskan awal mula Einstein membuat mahakarya baru. Sebuah teori Relativitas Umum. Yang kemudian dijelaskan secara perlahan dihalaman-halaman berikutnya. Dilengkapi dengan cerita dan hasil eksperimen dari tahun ke tahun. Dan cukup membantu bagi orang awam untuk memahami fisika. Didalamnya juga terdapat kalimat-kalimat yang menunjukkan betapa matangnya pola pikir para ilmuan jaman dulu. 
Bahasa yang dipilih juga tidak begitu ilmiah. Tersaji data-data namun tetap ringan. Bahkan banyak kalimat berupa nasihat. Mungkin penulis mencoba memberi gambaran nyata atas peran fisika pada dunia nyata. Dan menurutku berhasil. Banyak juga kalimat komunikatif, yang memberi kesempatan pada kita berpikir sejenak untuk memahami isinya. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar kecil untuk memperjelas isinya.
Menurut ku buku ini sengaja dibuat dengan isi yang dekat kehidupan kita. Berbeda dengan fisika yang dipelajari disekolah dulu. Atau memang fisika seperti itu, aku tidak tahu. Yang jelas buku ini memberi pengalaman dan pandangan yang positif bagi pembaca. Seperti tentang ruang. Kita sering mengungkapkan tentang ruang dan waktu tapi untuk menjelaskan bagaimana ruang dan waktu itu kita tidak bisa. Dan buku ini bisa menjelaskan secara detail. Sehingga setelah buku ini selesai terbaca, muncul niat untuk memperdalam beberapa pelajaran didalamnya.
Buku ini memang cocok untuk dibaca semua kalangan. Siswa, mahasiswa, pemuda, anak-anak, dengan basic sosial atau ilmu pengetahuan alam. Aku sangat menikmati buku ini. Sehingga bingung mau menyebutkan kekurangan dari buku ini apa. Buku ini tipis tapi lengkap dan detail”.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018

Seluruh akomodasi peserta selama kegiatan pelatihan GRATIS*
KLIK DISINI BACA SELANGKAPNYA
close-link
DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018
KLIK DAFTAR
close-image

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL
Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Web Imadiklus, akan di selenggarakan pada: