Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

SAYA SUDAH JATUH HATI

Filed in Artikel dan Opini by on Oktober 30, 2018 1 Comment • views: 66

Ditakdirkan lulus dipilihan ketiga adalah sebuah anugerah indah yang Tuhan telah tentukan untuk hidup saya. Bagaimana tidak, saya benar-benar merasa pilihan ini harusnya saya letakkan di posisi pertama. Setelah beberapa tahun sebelumnya menjadi wanita yang terlalu menggemari angka-angka dalam jurnal-jurnal akuntansi , matriks serta integral akhirnya bisa luluh hatinya setelah menjalani satu semester dijurusan yang sebelumnya tak ia kenali sama sekali. Sempat beberapa kali ingin pindah haluan, ingin coba lagi, ingin keluar.




Namun, semakin kemari ternyata saya menemukan diri saya disini. Awalnya saya tidak pernah kepikiran untuk mendalami disiplin ilmu ini, meski sebelumnya saat SMA berada pada jurusan Ilmu Sosial tapi saya lebih senang mengotak-atik angka-angka daripada pelajaran yang mengarah pada sosial. Saat ini saya sudah menjalani lima semester di jurusan pendidikan luar sekolah. Pertanyaannya adalah, kenapa saya bisa sejauh ini?. Ya, awalnya saya memang ragu, tapi ternyata keraguan itu meninmbulkan rasa penasaran yang akhirnya mendorong saya untuk terus mencari tahu dan banyak belajar. Ternyata benar, tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Akhirnya setelah kenal saya jadi benar-benar jatuh hati pada jurusan ini. Beberapa kali dikatakan “ tersesat” tapi saya yakin kalaupun tersesat, saya tersesat dijalan yang benar.

Saya sangat senang berada disini, ketika banyak orang sibuk mengurusi jurusan yang saya pilih dan mengatakan saya tersesat , saya tengah menikmati proses yang luar biasa ini. Bagi saya hidup itu untuk mengabdi. Mengabdi bukan pada scope yang kecil melainkan akan diimplementasikan disetiap detik adegan kehidupan. Saya senang jika bisa bermanfaat untuk orang lain. Pendidikan luar sekolah merupakan jurusan yang memiliki visi yang sama dengan visi hidup saya. Saya benar- benar jatuh hati pada jurusan ini. Saya sadar bahwa permaslahan pendidikan kita terlalu banyak dan tidak semuanya mampu diselesaikan oleh pendidikan formal. Oleh karena itu, mereka yang ada dijurusan PLS adalah orang-orang yang besar hatinya, yang peka terhadap masyarakat dan orang-orang yang berjiwa benar.

Komplemen, suplemen, dan subsitusi. Ketiga peran penting yang dimiliki PLS menjadikan saya jadi semakin jatuh hati pada jurusan yang awalnya tak saya kenali ini. Selama lima semester berada pada jurusan ini sudah beberapa kali kami mengadakan pengabdian ke masyarakat. Mulai dari tempat relokasi hingga ke daerah pesisir yang aksesnya jauh dan sulit. Saya senang bisa berada disini, dekat dengan masyarakat, bisa dekat dengan anak-anak dan bisa menjadi diri saya sendiri. Saya sangat senang mendongeng pada anak-anak, saya sangat senang belajar bersama masyarakat diruang terbuka, saya sangat senang dengan semua kegiatan di Pendidikan Luar Sekolah. Bukan hanya sebatas akademik, saya juga senang bisa kenal IMADIKLUS. Kenapa? Karena mereka memiliki rasa solidaritas yang kuat, meski tak saling mengenal dan saya sudah buktikan setelah beberapa hari di Yogyakarta dan Surabaya. Bukan hanya sebagai teman tapi mereka bilang kita “ saudara”.

Sekali lagi, saya semakin jatuh hati berada disini. Harapan terbesar saya adalah kelak saya bisa mengelilingi dunia, sejauh mungkin untuk mencerdaskan anak bangsa dan ingin mengabdikan diri untuk masyarakat, saya mau mereka mengenali Pendidikan Luar Sekolah sama seperti saya yang telah jatuh hati setelah mengenalnya.

Terimakasih untuk teman – teman IMADIKLUS mas Fajar, mas Erick,mbak Revi,mbak Dyah,mbak Fira, Mas Jojo, dan semua teman teman Mahasiswa PLS UNESA dan UNY yang sudah membuat saya jadi semakin bertambah jatuh cinta pada jurusan ini.

Matursuwun

Penulis  : Reckha Windy Khan

Pendidikan Luar Sekolah

Univesitas Negeri Medan Angkatan 2016

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Bukhori M Lubis berkata:

    Keren

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018

Seluruh akomodasi peserta selama kegiatan pelatihan GRATIS*
KLIK DISINI BACA SELANGKAPNYA
close-link
DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018
KLIK DAFTAR
close-image

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL
Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Web Imadiklus, akan di selenggarakan pada: