Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Sekarang bukan saatnya kita menyesal memilih Pendidikan Luar Sekolah, Why?

Filed in Curhat, Harapan PLS by on September 2, 2018 0 Comments • views: 42
Perkenalkan aku Lita dari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2017 (PLS UNESA 2017). Mahasiswa baru (Maba) PLS itu status yang kusandang sekarang. Cieeee yang jadi mahasiswa.
Taman-teman pasti banyak ya diantara kalian yang merasa kalau salah jurusan masuk di PLS ini, eeitttssss… jangan gitu mau kalian merasa salah jurusan atau apalah aku yakin dengan kalian memilih PLS di daftar pilihan jurusan kalian itu, tidak mungkin tanpa alasan walau karena terpaksa sekalipun. Takdir telah menetapkan kita untuk mengabdi di PLS, coba dipikir-pikir lagi berapa banyak orang yang tidak seberuntung kita bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri hitung saja berapa teman satu kelas kalian yang masih harus menunggu 1 tahun lagi untuk kuliah. Sekarang bukan saatnya kita menyesal atau merasa rendah diri alasanku sama seperti kalian aku memilih PLS untuk mengisi di daftar terakhir atas saran guruku SMK.
Awalnya memang sulit menerima kenyataan bahwa aku masuk PLS jurusan apa itu ? bahkan tidak setiap orang mengetahui atau mungkin asing dengan jurusan ini. Namun kesempatan ini patut untuk disyukuri, terlepas dari segala rasa penyesalan ada doa orang tua yang ingin anaknya meraih gelar sarjana sehingga bisa mengangkat derajat mereka, ada rasa lega dari guru-guru kita yang merasa telah mampu menghantarkan anak didiknya dibangku perkuliahan, ada semangat dari teman-teman yang belum seberuntung kita agar kita maju terus menempuh pendidikan.
Setiap ditanya orang menyangkut kuliah bingung harus jawab apa, karena pasti mereka tanya jurusanya apa dan jawaban apa yang tepat untuk kuucapkan. Aku selalu bilang PLS itu orang yang pekerjaanya mengurusi program kejar paket A,B,C dan  home schooling karena itu yang ada di benak ku kala itu. Namun setelah melewati masa perkuliahan kurang lebih satu bulan ini aku jadi mengetahui lebih dalam mengenai PLS. Segala rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru sangat membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah pendidikan yang sejatinya telah ada lebih dulu sebelum pendidikan  formal ada, pendidikan yang terbentuk sejak peradaban manusia ada dan juga pendidikan yang tidak pernah akan putus karena pendidikan ini akan terus diperlukan untuk itu PLS sering disebut dengan pendidikan sepanjang hayat (long life learning). Peran PLS sangat penting dalam pergerakan kemajuan pendidikan utamanya di Indonesia, pemerataan pendidikan sedang berjalan untuk itu PLS adalah program yang tepat sebagai alternatif pengenalan pendidikan yang bersifat fleksibel.
PLS adalah sistem pendidikan yang bisa menjangkau seluruh lapisan dan demografi masyarakat mulai kalangan bawah hingga kalangan elit, terutama di era modernisasi seperti saat ini kebutuhan masyarakat akan pendidikan menjadi lebih beragam. Untuk itu demi terpenuhinya permintaan masyarakat akan PLS pemerintah hendaknya memberikan keleluasaan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam program ini. Karena pendidikan formal saja dirasa kurang cukup untuk masyarakat, banyak juga masyarakat kita yang tak tersentuh pendidikan formal sama sekali untuk itu perlu adanya pendidikan yang mendasarkan dan mudah diaplikasikan dalam kehidupan juga berkelanjutan yang semua itu ada di PLS. Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa salah satunya mendukung penuh segala program-program yang ada dalam PLS.
Menjadi mahasiswa PLS berarti harus menjadi orang yang peka akan keadaan sekitar, kritis dan memiliki jiwa sosial tinggi. Progaram S1 masih berjalan satu bulan masih banyak hal yang perlu dipelajari lebih lanjut, yang pasti sebagai mahasiswa PLS aku siap mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa melalui pendidikan. Mengentaskan penderitaan masyarakat dari kebodohan merupakan harapan terbesarku, aku ingin hidup ditengah masyarakat yang telah memperoleh kesetaraan pendidikan dari sabang sampai merauke sekalipun. Betapa indahnya Indonesia jika rakyatnya mampu mengolah sumber daya tanpa campur tangan pihak lain. Kita dapat hidup sejahtera dengan kaki sendiri, membangun kehidupan bangsa yang cerdas, aman, adil dan makmur.

 




Penulis:
LITA KRISTIANA
mail: lita.17010034062@mhs.unesa.ac.id
PLS UNESA 2017

Tags: , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018

Seluruh akomodasi peserta selama kegiatan pelatihan GRATIS*
KLIK DISINI BACA SELANGKAPNYA
close-link
DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018
KLIK DAFTAR
close-image

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL
Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Web Imadiklus, akan di selenggarakan pada: