Beranda Berita PLS Sumbangsih Ilmu Mahasiswa PLS UNY di Teras Baca Guyub Rukun

Sumbangsih Ilmu Mahasiswa PLS UNY di Teras Baca Guyub Rukun

89
0

Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan praktik lapangan di Teras Baca Guyub Rukun di Padukuhan Jambon RT 29, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul.

Selama satu bulan, sebanyak 10 mahasiswa PLS UNY membagikan ilmunya kepada puluhan anak Teras Baca Guyub Rukun.

Indra Bima Saputra salah seorang mahasiswa PLS menjelaskan kelompoknya merupakan mahasiwa-mahasiswa yang sedang menempuh semester enam.

Dalam praktik tersebut, mereka bahu-membahu mengajarkan bermacam ilmu mulai dari pemanfaatan koran bekas, literai, maupun bidang kuliner.

“Kegiatan kami selama satu bulan di sana seperti pembuatan kerajinan Glukosa yaitu pemanfaatan gulungan koran sisa, literasi IT, pembuatan brownies singkong, outbond, ToT, dan lain sebagainya,” jelas Indra, Sabtu (8/4/2017).

Indra pun merasa bangga kegiatan yang telah mereka lakukan disambut antusias oleh anak-anak dan warga.

Selain itu ia juga mengacungi jempol keberadaan Teras Baca Guyub Rukun tang terus aktif mengadakan kegiatan

“Mengenai adanya Teras Baca Guyub Rukun menurut saya sangat bermanfaat bagi warga di sekitarnya dengan berbagai kegiatan yang sudah dilakukan. Pengelola teras baca di sana memiliki semangat yang besar dan aktif mengadakan kegiatan,” pungkasnya.

Triyanto Pendiri Teras Baca Guyub Rukun menjelaskan pihaknya memang ada kerjasama dengan Peogram Studi PLS UNY.

[sociallocker id=”27085″]

Dengan adanya partner tersebut, ia bersama rekan-rekan pengajar di Teras Baca mengaku merasa memiliki partner baru untuk saling berbagi ilmu.

“Tanggapan saya kita merasa punya partner dalam melakukan kegiatan dan bertukar ilmu dan saling memberi memasukan,” ujar pemuda yang biasa disapa Timbul tersebut.

“Ya seperti program mereka bisa berjalan dengan kita fasilitasi tempat. Kita juga menyusun bareng programnya,” lanjutnya.

Timbul pun mengakui adanya mahasiswa di Teras Baca membuat gairah belajar anak semakin meningjat. Jumlah anak yang hadir pun meningkat signifikan menjadi sekitar 30an anak.

“Anak-anak semakin semangat berkegiatan karena yang mengajar baru jadi lebih fresh. Anak bimbel SD sampai SMP jumlahnya sekitar 17 dan PAUd sekitar 15 orang. Ada peningkatan. Mereka lebih suka dengan kehadiran pangeajar-pengajar baru,” ujarnya.

Timbul berharap kedepan Teras Baca dapat memperluas jalinan kerjasama lagi, tidak hanya dengan perguruan tinggi namun juga dengan komunitas lain.

“Selain PLS UNY saat ini pemuda juga sedang bekerja sama dengan Komunitas Gerakan Bakti Negeri (GBN) di bidang kemasyarakatan. Komunitas GBN UMY berkegiatan di Masjid Baiturrohman Jambon Argosari dengan memperdayakan anak-anak TPA, mereka membuat kegiatan mewarnai dan dongeng,” cetusnya

[/sociallocker]

Foto Kegiatan

Tinggalkan Balasan