Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Tidak Ada Jurusan yang Tidak Baik, Tergantung Pribadi Mengembangkan yang Dipilih

Filed in Curhat, Harapan PLS by on Oktober 29, 2018 0 Comments • views: 59

Saya merupakan alumni dari SMAN 1 PACIRAN LAMONGAN jurusan Bahasa. Saat pendaftaran jalur SNMPTN dibuka, disitu saya benar-benar mengalami kebingungan dan kebimbangan yang sangat panjang. Saya belum tahu jurusan apa yang harus saya piliih untuk kedepannya nanti. Orang-orang disekitar banyak yang menyarankan saya untuk memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan saya di SMA yaitu jurusan yang berhubungan dengan bahasa seperti bahasa jawa, bahasa indonesia, bahasa inggris, bahsa arab, pariwisata, hubungan internasional dan sebagainya. Akan tetapi saya sama sekali tidak berminat dengan jurusan-jurusan tersebut.




Ketika saya bertanya dan meminta pendapat kepada kedua orang tua saya ternyata  mereka menyuruh saya untuk menjadi guru Sekolah Dasar. Dari situlah pada pilihan pertama saya memilih jurusan PGSD di UNY. Untuk pilihan kedua dan ketiga saya mulai mencari tahu tentang jurusan-jurusan lain yang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah untuk dipelajari di bangku perkuliahan nanti dan tentunya juga dapat membawa perubahan untuk saya pribadi dan juga masyarakat sekitar. Hingga akhirnya saya menemukan suatu jurusan yang menurut saya sangatlah unik untuk dipelajari yaitu Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Kenapa saya memilih jurusan ini karena di jurusan PLS ini mempelajari tentang kehidupan masyarakat sosial mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia dan rasanya saya sangat tertarik untuk mempelajari itu semua, terutama saya tertarik ingin bisa mengajar dan mengabdi kepada anak-anak pinggiran atau anak-anak yang kurang mampu dalam hal pendidikan dengan menerapkan prinsip Belajar sambil Bermain dan kelihatannya itu sangat seru. Akhirnya untuk pilihan kedua saya memilih PLS di UNY dan pilihan ketiga PLS di UNESA. Dan alhamdulillah berkat doa kedua orang tua yang tidak membolehkan saya kuliah ditempat yang jauh akhirnya saya diterima di UNESA.

Saya sekarang telah resmi menjadi mahasiswa UNESA jurusan PLS, saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari jurusan ini. Walaupun diluar sana banyak orang yang tidak mengetahui apa itu Pendidikan Luar Sekolah, bagaimana prospek kerjanya, dan seakan-akan mereka memandang jurusan ini dengan sebelah mata. Jujur sebelum saya masuk dijurusan ini saya pernah mengalami kegoyahan hati ketika ditanya seperti itu,saya minder dan saya juga pernah berpikir apakah saya salah pilih jurusan?. Dan akhirnya ini menjadi tantangan dan motivasi tersendiri untuk saya. Setelah masuk dijurusan ini saya mulai memantapkan hati dan terus menggali ilmu yang ada di jurusan ini berharap agar saya dapat menjawab semua pertanyaan-pertanyaan orang-orang tersebut. Karena SEJATINYA TIDAK ADA JURUSAN YANG TIDAK BAIK, SEMUA TERGANTUNG PADA PRIBADI MASING-MASING BAGAIMANA DALAM MENGEMBANGKAN APA YANG TELAH MEREKA PILIH.

Sebenarnya prospek kerja jurusan PLS sangatlah banyak, dan harapan saya setelah lulus kuliah dari jurusan PLS nanti, saya berharap semoga saya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat indonesia dan memberantas kasus-kasus kemiskinan dengan cara membuka suatu usaha atau lapangan pekerjaan baru dan juga membekali mereka dengan pelatihan-pelatihan agar mereka memiliki kemampuan dalam berbagai bidang, sehingga setidaknya dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di indonesia dan menyejahterakan kehidupan mereka serta mendidik calon-calon generasi penerus bangsa yang kurang beruntung dalam hal pendidikan. Selain itu saya juga ingin merubah pola pikir masyarakat menengah ke bawah dari yang tidak tahu menjadi tahu agar mereka ikut menjadi bagian dalam memajukan negara Indonesia ini.

 

Penulis
Septika Putri Ainurul Izzah
mail: septika.17010034007@mhs.unesa.ac.id
PLS UNESA 2017

 

Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018

Seluruh akomodasi peserta selama kegiatan pelatihan GRATIS*
KLIK DISINI BACA SELANGKAPNYA
close-link
DAFTAR YUK: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN WEB SITE IMADIKLUS 2018
KLIK DAFTAR
close-image

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL

MENGAPDI DENGAN MEDIA SOSIAL
Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Web Imadiklus, akan di selenggarakan pada: