Subscribe via RSS FeedConnect on InstagramConnect on Google Plus

Tiga Minggu Kuliah, Kini Aku Mulai Mengerti Bagaimana Pendidikan Luar Sekolah

Filed in Curhat, Harapan PLS by on September 7, 2018 0 Comments • views: 115
Saya kelahiran Pasuruan, bintang saya adalah Virgo, warna kesukan saya adalah Hitam dan Putih, saya cinta organisasi. Saya rasa organisasi telah mendarah daging menjadi satu dalam darah saya, sejak kelas VII SMP saya berkeinginan untuk kuliah, sekalipun pada saat itu saya sama sekali belum mengerti apa itu kuliah, bahkan aku tidak tau jurusan apa yang aku inginkan. Setelah enam tahun berjalan lebih tepatnya aku sudah duduk dikelas XII mulailah lagi keinginanku untuk kuliah. Dan pada saat mendekati try out aku mulai mencari informasi tentang perkuliahan dan universitas yang ada untuk ku pertimbangkan antara memilah universitas dan jurusan, pada akhirnya di jalur SBMPTN aku memilih Universita Negeri Malang dengan pilihan prodi pertama Sosiologi dan pilihan kedua Ilmu Sejarah. Dan satu pilihan lagi adalah pilihan dari Ibuku yaitu Universitas Negeri Surabaya tepatnya pada jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS).
Setelah pengumuman SBMPTN keluar ternyata aku lolos pada pilihan ibuku yaitu di Universitas Negeri Surabaya. Pada saat inilah saya mulai berfikir bahwa di sinilah tempat yang di pilihkan Allah untukku dan aku harus mensyukuri dapat masuk dalam perguruan tinggi ini mengalahkan ribuan siswa yang lain yang berebut untuk masuk kedalam pergurun tinggi. Itu berarti menunjukkan kepadaku bahwa saya biasa belajar disini sekalipun saya benar-benar tidak mengerti jurusan apa yang saya ambil ini.
Sampai detik inilah aku berada di PLS. Pada awalnya aku sama sekali tidak ada pandangan apa-apa tentang PLS itu. Tapi selama kurang lebih tiga minggu kuliah, kini aku mulai mengerti bagaimana PLS itu, apa saja bidang garap PLS, sasaran PLS, konsep dasar PLS. Dan saya harap di PLS ini bisa menjadi wadah untuk saya belajar tentang masyarakat, menggali potensi dan mengembangkannya. Sebagai ajang bagi saya untuk belajar berinteraksi dan ikut serta membangun bangsa ini menjadi lebih baik. Mengenalkan pendidikan kepada mereka yang kurang beruntung. Membantu mereka mencari potensi masing-masing,karna kepedulian sesama makhluk sosial dibutuhkan dan pendidikan adalah hak warga Indonesia.
Perlu diketahui sasaran PLS disini adalah semua kalangan, semua umur jadi kita dapat mengajari orang meskipun tidak formal seperti di dalam sekolah. Disini kita dapat mengajari mereka banyak hal dengan memanfaatkan alam sekitar kita dapat mengajak mereka belajar sambil bermain dengan suasanya yang tidak membosankan agar mereka pun dapat menerima pelajaran dengan baik.
Penulis:
Irawati Azizah
PLS UNESA 2017
mail: irawati.17010034064@mhs.unesa.ac.id

Tags: ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *